Tempat segala informasi

/

45center.blogspot.co.id


Demi menjaga kesehatan ibu hamil dan janin yang sedang dikandungnya ibu hamil sebaiknya menjauhi makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Kehamilan rasanya mengubah segalanya. Perubahan ini disertai juga dengan tuntutan perubahan pola makan. Makanan yang dikonsumsi ibu hamil kini tidak saja mempengaruhi tubuh ibu hamil namun dapat juga mempengaruhi tubuh dan kesehatan janin.

Mengetahui Makanan Yang Dilarang Saat Hamil Muda untuk ibu hamil rasanya menjadi suatu pengetahuan dasar yang harus diketahui. Mengingat kondisi kesehatan janin sangat tergantung dari makanan yang dikonsumsi ibu, seorang ibu hamil haruslah pintar dalam memilih makanan yang ia konsumsi. Terutama harus menghindari konsumsi makanan yang dilarang untuk ibu hamil.

Daftar Makanan yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Setiap ibu pasti menginginkan hal terbaik bagi anaknya, begitu juga dari segi nutrisi yang ia berikan kepada janin dalam kandungannya. Makanan tentulah sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan janin. Dengan membaca daftar makanan yang dilarang untuk ibu hamil Anda data mengambil keputusan bijak dalam memilih makanan selama 9 bulan kehamilan.

  • Hindari makanan laut yang tinggi merkuri

Makanan laut atau seafood adalah sumber nutrisi yang baik. Kandungan protein dan omega-3 pada makanan laut terhitung sangat tinggi. Namun beberapa makanan laut beririsko mengandung merkuri yang tinggi. kandungan merkuri yang tiggi terutama terdapat pada ikan yang umurnya tua dan ukurannya besar. Badan kesehatan FDA mengatakan makanan yang dilaran untuk ibu hamil dari makanan laut adalah: ikan pesut, ikan hiu dan ikan tenggiri. Lebih baik Anda juga menghindari tuna karena beberapa tuna mengandung merkuri yang tinggi.

Karena makanan laut merupakan sumber nutrisi yang baik, Anda tetap harus mengkonsumsi makanan laut. Pilihlah makanan seperti: udang, salmon, ikan trout dan teri.

Ketahui juga bahwa makanan laut yang dimakan haruslah yang matang 100%. Jadi sushi yang mengandung makanan laut yang tidak matang merupakan makanan yang dilarang untuk ibu hamil

  • Hindari daging dan telur yang tidak matang


Alasan mengapa daging dan telur yang tidak matang menjadi makanan yang dilarang untuk ibu hamil adalah karena makanan ini mengandung banyak bakteri. Pemanasan hingga 100˚C dapat membunuh bakteri jahat terebut. Ingat juga bahwa ibu hamil rentan terkena infeksi bakteri karena perubahan tubuhnya saat hamil. Telur mata sapi setengah matang juga harus dihindari. Sebaliknya masaklah semua makanan sampai benar-benar matang.

  • Hindari makanan yang belum di pasteurisasi


Bila Anda gemar minum susu murni yang belum dipasteurisasi, Anda harus menghilangakan kebiasaan ini saat Anda hamil. Pasteurisasi merupakan suatu proses pada makanan yang dilakukan dengan tujuan membunuh mikroorganisme yang sering mengkontaminasi makanan tersebut. Makanan seperti susu, madu, jus dan beberapa jenis keju seringkali ada yang belum dipasteurisasi. Pastikan makanan Anda sudah dipasteurisasi sebelum mengkonsumsinya.

  • Hindari buah dan sayuran yang belum dicuci


Mengkonsumsi buah dan sayuran memang hal yang wajib dilakukan oleh ibu hamil. Selain karena seratnya yang tinggi dan membantu ibu agar tidak konstipasi, buah dan sayuran juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Namun hindari mengkonsumsi makanan ini bila tidak dicuci bersih, karena dapat mengandung banyak mikroorganisme yang dapat menginfeksi ibu serta janin. Dianjurkan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran yang dibersihkan sendiri di rumah agar kebersihannya terjamin.

Adakah buah yang dilarang untuk ibu hamil? Jawabannya tidak ada. Pepaya, durian dan anggur semuanya boleh dimakan oleh ibu hamil. Untuk pepaya, perlu diingat bahwa lebih baik memilih pepaya matang daripada pepaya muda. Konsumsi durian juga tidak boleh berlebihan karena mengandung gula yang tinggi.

Berhati-hati dalam memilih makanan saat sedang hamil sangatlah penting. Mengetahui apa saja yang dilarang atau dianjurkan untuk dikonsumsi adalah tahap pertama dalam merawat kehamilan Anda

Posted by 

No comments

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog

45Center. Powered by Blogger.

Search

Featured Post

LETAK SELAPUT DARA Hingga saat ini keberadaan selaput dara bagai misteri . Banyak budaya yang masih mengagungkan keberadaan selaput d...

Popular Post

Blog Archive

Popular Posts

BTemplates.com